Jumat, 20 September 2024

Polisi Kena Lemparan dalam Aksi Demo Mahasiswa di Surabaya

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya mengalami luka imbas terkena lemparan dalam aksi demo di depan Gedung DPRD Provinsi Jatim, Jumat (23/8/2024). Foto: Istimewa.

AKBP Arif Fazlurrahman Kasat Lantas Polrestabes Surabaya dikabarkan terluka akibat terkena lemparan waktu melakukan pengamanan aksi demo mahasiswa di Gedung DPRD Jawa Timur, Jumat (23/8/2024) sore.

Lemparan benda dari massa aksi itu mengenai bibir bagian bawah Arif hingga berdarah. “Tidak tahu (kena apa), soalnya tiba-tiba botol, sampah, dan batu melayang ke kita, karena ada provokasi dari oknum sehingga bikin ricuh,” kata Arif di tengah-tengah aksi.

Meski situasi demo sempat tidak kondusif, polisi hanya melakukan tindakan pengamanan tidak sampai bersikap represif. Arif menyebut, dirinya memaklumi mahasiswa yang sedang menyampaikan aspirasinya.

“Kita sangat paham dan mengerti situasi terkadang berubah eskalasi secara cepat. Kita juga melihat bahwasannya kegiatan ini sedikit banyak juga ada giat-giat yang diprovokatif oleh oknum,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, situasi tidak kondusif dalam demo mahasiswa Surabaya di depan Gedung DPRD Jawa Timur kembali terjadi. Massa aksi menerobos pagar kawat berduri dengan cara merusaknya, sekitar pukul 14.29 WIB

Pantauan suarasurabaya.net, massa aksi menarik kawat berduri hingga ke tengah jalan. Hal itu dilakukan agar bisa menerobos masuk ke dalam gedung DPRD Jatim.

Dalam waktu bersamaan, massa aksi juga terus melakukan lemparan botol ke arah petugas.

Namun petugas kepolisian dengan sigap langsung mengembalikan pagar kawat berduri yang ditarik massa aksi. Kemudian juga mengimbau para mahasiswa supaya tidak melakukan lemparan.

Situasi tidak kondusif itu terjadi berlangsung sekitar lima menit. Massa aksi terus mencoba merusak pagar kawat berduri dan melempari petugas.

Pemicu kemarahan demo mahasiswa ini karena sejak siang tadi tidak ditemui oleh satu pun anggota DPRD Jawa Timur. (wld/kir/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs