Jumat, 20 September 2024

50 Anggota DPRD Kota Surabaya 2024-2029 Akan Dilantik Sabtu Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Gladi bersih pelantikan anggota DPRD Kota Surabaya periode 2024-2029, Kamis (22/8/2024). Foto: Istimewa

Lima puluh orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya periode 2024-2029 akan dilantik, Sabtu (24/8/2024) pagi mendatang.

Di awal masa jabatan, unsur pimpinan sementara akan diisi oleh dua partai yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Dua partai itu adalah PDI Perjuangan dengan sebelas kursi dan Gerindra delapan kursi.

Achmad Hidayat Wakil Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya menyebut, telah menerima surat dari sekretaris dewan, yang isinya meminta mereka mengusulkan nama pimpinan sementara DPRD Kota Surabaya 2024-2029.

Dalam hal ini, PDIP mengusulkan Adi Sutarwijono Ketua DPRD Surabaya 2019-2024 untuk kembali menjabat sementara.

“Kami dari DPC lalu menjalin komunikasi dengan DPD PDIP Jatim karena yang memiliki kewenangan merekomendasi pimpinan adalah DPD Jatim. Akhirnya nama Adi Sutarwijono yang diajukan untuk menjadi pimpinan sementara DPRD Kota Surabaya,” ucapnya, Kamis (22/8/2024).

Sementara sosok yang akan dimajukan sebagai pimpinan tetap DPRD Kota Surabaya 2024-2029, masih digodok di DPP PDIP.

“Untuk nama definitif Ketua DPRD Surabaya, kami masih menunggu keputusan DPP. Yang pasti setelah ini diinstruksikan, seluruh jajaran partai dan seluruh anggota DPRD Kota Surabaya bisa mengamankan posisi Adi Sutarwijono sebagai pimpinan sementara,” tegasnya.

Sementara DPC Partai Gerindra Kota Surabaya menunjuk Bahtiyar Rifai Sekretaris DPC yang menjadi pimpinan sementara.

“Sekretariat DPRD Kota Surabaya telah mengirimkan surat ke Partai Gerindra sebagai pemenang kedua. Kami balas surat tersebut dan DPC menunjuk saya sebagai pimpinan sementara. Suratnya sudah kami kirimkan ke sekretariat DPRD,” kata Bahtiyar Rifai.

Sementara sosok pengisi kursi salah satu Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya 2024-2029, lanjutnya, internal partai belum membahas karena masih fokus Pilkada serentak.

“Untuk posisi definitif Wakil Ketua DPRD Surabaya, baru setelah pendaftaran pilkada dibahas. Mohon doanya agar semoga lancar semuanya,” tandasnya.

Untuk diketahu, Hari ini, Kamis (22/8/3024), panitia pelaksana menggelar gladi beraih persiapan akhir pelantikan.

Kumbang Wilis Rimboto Kepala Bagian Informasi dan Protokol DPRD Kota Surabaya menyebut, kegiatan ini mencakup simulasi proses pelantikan, pengaturan tempat duduk, serta penataan perangkat acara

Acara pelantikan nantinya akan dihadiri pejabat daerah, tokoh masyarakat, serta keluarga anggota DPRD yang dilantik.

“Prosesi pelantikan melibatkan pengambilan sumpah dan pelantikan anggota DPRD yang baru terpilih. Selain itu, akan disampaikan sambutan dari pimpinan daerah dan agenda penting lainnya,” ungkapnya.

Panitia pelaksana memastikan bahwa semua persiapan, mulai dari pengaturan tempat, pengamanan, hingga kelancaran acara, telah diperiksa dengan seksama. (lta/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs