Jumat, 20 September 2024

Teatrikal Pembacaan Proklamasi Polisi Mewarnai Hari Juang Polri Perdana di Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Brigjen Pol Hari Nugroho Kepala Pusat Sejarah Polri ketika diwawancarai awak media selepas upacara Hari Juang Polri di Surabaya pada Rabu (21/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Teatrikal kolosal pembacaan proklamasi polisi mewarnai upacara Hari Juang Polri ke-79 yang perdana digelar di Surabaya, Rabu (21/8/2024) pagi.

Sekitar pukul 09.20 WIB, setelah Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri selesai memimpin upacara, teatrikal pun dimulai.

Ratusan pemuda Surabaya dengan bambu runcingnya bergerak mengepung wilayah menjelang pembacaan proklamasi untuk menghalau tentara Jepang.

Sampai akhirnya proklamasi dibacakan, rakyat dan polisi pun berhasil mencopot bendera warna merah putih biru milik Belanda yang berkibar di Hotel Yamato menjadi bendera merah putih Bangsa Indonesia.

Ratusan tentara Jepang pun berhasil dilucuti senjatanya, dan dikalahkan pribumi.

Brigjen Pol Hari Nugroho Kepala Pusat Sejarah Polri (Kapusjarah) Polri menyebut, teatrikal itu mengungkap polisi ikut andil bersama masyarakat untuk mempertahankan kemerdekaan.

“Kenapa baru sekarang diperingati, jadi memang sudah diteliti 14 tahun lalu dan baru secara intens mulai 2023 kita (banyak) FGS, sarahsehan, lalu dibuat naskah akademik Hari Juang, alhamdulillah 22 Januari 2024 terbit keputusan Kapolri (soal Hari Juang Polri),” katanya menemui awak media usai upacara, Rabu (21/8/2024).

Ia berharap, momen hari ini bisa menjadi refleksi anggota Polri untuk meneladani sosok Moehammad Jasin Pemimpin Polisi Istimewa saat itu.

“Antara lain orang yang humanis di beberapa literatur, beliau mengamankan orang Belanda juga, sosok yang pemberani, kemudian taat beragama. Itu nilai-nilai yang perlu diteruskan ke generasi penerus Polri,” bebernya. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs