Jumat, 20 September 2024

Bahlil Calon Tunggal Ketua Umum Partai Golkar Berpeluang Langsung Disahkan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Bahlil Lahadalia (kiri) menjadi calon tunggal ketua umum Partai Golkar. Foto: Instagram/bahlillahadalia

Bahlil Lahadalia jadi satu-satunya calon Ketua Umum DPP Partai Golkar periode 2024-2029.

Tidak ada nama kader partai berlambang pohon beringin lain yang mendaftarkan diri ke Panitia Pengarah Musyawarah Nasional (Munas) XI, sampai batas waktu yang ditentukan, pukul 22.00 WIB, Selasa (20/8/2024).

Politikus yang sekarang menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dianggap memenuhi syarat untuk memimpin Golkar karena pernah menjadi pengurus DPD Golkar Papua.

DPD I dan DPD II Golkar se-Indonesia serta ormas-ormas pendiri Golkar menyatakan dukungan kepada Bahlil.

Adies Kadir Ketua Pimpinan Sidang Munas XI Partai Golkar mengungkapkan, 38 DPD I Golkar se-Indonesia mendukung Bahlil menjadi ketua umum yang baru.

Dalam keterangan pers di Jakarta Convention Center, dia menjelaskan, calon yang sudah mendapat dukungan 50 persen +1 dari pemegang hak suara, sudah bisa langsung dinyatakan sebagai ketua umum atau ketua formatur.

Senada dengan Adies, Agus Gumiwang Kartasasmita Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Golkar bilang, Bahlil bisa disahkan sebagai ketua umum karena jadi satu-satunya calon, dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam Munas XI Partai Golkar.

“Ya, kalau hanya satu kader Partai Golkar yang memang disahkan dianggap lolos dari persyaratan atau dianggap memenuhi persyaratan, ya saya kira dia akan menjadi calon tunggal dan akan segera kami tetapkan dalam Munas ini,” ujarnya.

Dia berharap, ke depan Partai Golkar semakin kuat dan banyak kader yang berprestasi.

Agus yang sekarang masih menjabat Menteri Perindustrian juga mendoakan Golkar meraih prestasi pada pemilihan kepala daerah (pilkada) mendatang.

Sebelumnya, dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas), Partai Golkar menerima pengunduran diri Airlangga Hartarto dari posisi Ketua Umum.

Rapimnas juga mengesahkan pengangkatan Agus Gumiwang Kartasasmita sebagai Pelaksana Tugas Ketum Partai Golkar.

Selanjutnya, Rapimnas mengesahkan pelaksanaan Munas XI Partai Golkar mulai pukul 16.00 WIB hari ini, Rabu (21/8/2024), di Jakarta.

Rencananya, Joko Widodo Presiden akan menghadiri penutupan acara Munas Partai Golkar. (rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs