Jumat, 20 September 2024

Pemerintah Provinsi Jawa Timur Membuka Seleksi CPNS 2.314 Formasi

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi CPNS. Foto: Kominfo

Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2024 dengan 2.314 formasi, meliputi 1.800 formasi tenaga teknis dan 514 formasi tenaga kesehatan.

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur menyatakan, seleksi CPNS 2024 ini membuka formasi terbanyak dibanding tahun-tahun sebelumnya di lingkungan Pemprov Jatim.

Dari 2.314 formasi itu terbagi dalam formasi umum dan formasi khusus. Yang mana, formasi khusus tahun ini mencakup 10 formasi untuk penyandang disabilitas dan 50 formasi bagi lulusan cumlaude.

Adhy mengatakan, seleksi CPNS Pemprov Jatim tahun 2024 diharapkan bisa memberikan peluang bagi semua lapisan masyarakat untuk turut andil di kinerja pemerintahan Provinsi Jatim.

“Pemprov Jatim berkomitmen menciptakan inklusivitas dalam dunia kerja dan mendorong SDM yang berprestasi untuk bergabung dalam jajaran ASN di lingkungan Pemprov Jatim,” kata Adhy dalam keterangannya, Selasa (20/8/2024).

Pj Gubernur Jatim itu berpesan kepada seluruh calon pelamar CPNS supaya menyiapkan diri sebaik mungkin dan membaca keseluruhan persyaratan dengan teliti.

Pasalnya, pada seleksi tahun ini, terdapat sejumlah persyaratan administrasi yang wajib dipenuhi oleh pelamar.

Beberapa di antaranya adalah Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 bagi lulusan Sarjana serta kepemilikan sertifikat Test of English as a Foreign Language (TOEFL) sebagai syarat dasar.

“Persyaratan ini diharapkan dapat menjaring calon- calon ASN yang tidak hanya berkompeten, tetapi juga memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang memadai untuk mendukung tugas dan fungsi di lingkungan Pemprov Jatim,” tuturnya.

Terakhir, Adhy menegaskan bahwa seluruh tahapan Seleksi CPNS 2024 di lingkungan Pemprov Jatim baik untuk Tenaga Teknis maupun Tenaga Kesehatan tidak dipungut biaya.

“Semuanya gratis. Tidak ada pungutan biaya. Dan sistemnya sudah online serta transparan. Saya imbau kepada seluruh calon peserta agar tidak mudah percaya atau bahkan menggunakan jasa calo dalam setiap tahapan seleksinya, yang meminta imbalan uang atau bentu lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Panitia Penerimaan CPNS di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2024 membuka helpdesk melalui aplikasi Rumah ASN pada tautan
https://siasn.bkd.jatimprov.go.id/helpdesk.

Terdapat beberapa tahapan seleksi CPNS Tahun 2024. Antara lain pengumuman seleksi pada 19 Agustus s.d 2 September 2024 dan proses pendaftaran calon peserta pada 20 Agustus s.d 6 September 2024. Kemudian proses akan terus berlanjut hingga tahap pengumuman hasil CPNS pada Januari 2025 mendatang.

Terkait informasi mengenai tahapan seleksi dan persyaratan lainnya, para pelamar bisa memantau pengumuman resmi yang disampaikan melalui situs web resmi Pemerintah Provinsi Jawa Timur atau melalui website https://sscasn.bkn.go.id/ atau https://bkd.jatimprov.go.id/Rekrutmen-ASN2024 .(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs