Jumat, 20 September 2024

Awal Pekan, Cuaca Darat dan Perairan Jatim Cerah Berawan Tanpa Potensi Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Cuaca di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca Jawa Timur (Jatim) berpotensi cerah seharian, baik di wilayah darat maupun perairan, Senin (19/8/2024).

Keterangan yang diterima suarasurabaya.net, tak ada potensi turun hujan di kabupaten/kota Jatim hari ini dengan cuaca cenderung berawan hingga berkabut.

“Prakiraan cuaca wilayah Jawa Timur dan sekitarnya hari ini cerah, berawan hingga berkabut pada pagi hingga malam. Cuaca Selasa (20/8/2024) juga diprakirakan berkabut,” tulis prakirawan BMKG Juanda dalam keterangannya.

Suhu udara Jatim hari ini masih cukup dingin di kisaran 12 sampai 35 derajat celcius, dengan kelembapan udara 30-99 persen. Angin dominan berhembus dari selatan ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan cuaca di seluruh wilayah perairan Jawa Timur umumnya juga cerah berawan.

Arah angin didominasi dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur 20 knots (37 km per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 21 knots (39 km per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.0 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

“Waspadai gelombang tinggi diatas 2,5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim,” tulis prakirawan BMKG Maritim. (bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs