Jumat, 20 September 2024

Warga Pakis Tirtosari Semarakkan HUT ke-79 RI dengan Karnaval Bertema Bhinneka Tunggal Ika

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Penampilan warga RT 4 RW 5 Kampung Pakis Tirtosari Surabaya dalam karnaval yang digelar pada Minggu (18/8/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan RI berlangsung meriah di Pakis Tirtosari, Surabaya pada Minggu (18/8/2024) hari ini.

Lebih dari seribu orang memenuhi Lapangan RW 5 untuk mengikuti karnaval dan unjuk kostum terbaik dari sembilan RT yang berpartisipasi.

Slamet panitia acara Karnaval RW 5 Pakis Tirtosari mengatakan, meriahnya acara karnaval tahun ini karena banyak warga yang support dan sangat antusias.

“Ini sebenarnya bukan event tahunan. Kami mengadakannya tiap dua tahun sekali. Ini juga yang bikin acaranya sangat meriah karena ditunggu-tunggu,” kata Slamet saat ditemui suarasurabaya.net, Minggu (18/8/2024).

Untuk karnaval tahun ini, lanjut Slamet, panitia menggunakan tema Bhinneka Tunggal Ika. Tapi, setiap RT yang terlibat tetap dibebaskan mau menampilkan apa.

Berdasar pantauan di lokasi, penampilan warga RW 5 sangat kreatif dan variatif. Tidak hanya berpenampilan seperti pahlawan, mereka juga tampil dengan tema horor.

Salah satu warga RW 5 Kampung Pakis Tirtosari mengenakan gaun bercorak daun emas saat mengikuti karnaval pada Minggu (18/8/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Winda salah satu warga dari RT 2 RW 5 Kampung Pakis Tirtosari mengaku, sangat menunggu acara tahunan ini.

“Tahun ini saya dan keluarga pakai tema pendidikan. Saya pakai baju SD, adik paling kecil saya pakai baju SMA, dan ibu saya pakai toga wisuda,” ungkapnya.

Sementara itu, Slamet mengatakan, karnaval ini tak sekadar adu penampilan dan kehebohan saja. Ada penilaian dari panitia dengan poin terbanyak.

“Poin penilaiannya nggak cuma dari penampilan saja, tapi juga banyaknya warga yang ikut serta kerapihan,” tambahnya.

Bagi RT yang menang, kata Slamet, akan mendapat trofi dan uang pembinaan dari panitia.

Ada pun Slamet menambahkan, karnaval ini bukan puncak perayaan kemerdekaan yang digelar oleh RW 5 Kampung Pakis Tirtosari.

“Minggu depan, kami akan mengadakan pentas seni dan jalan sehat,” tuturnya. (kir/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs