Jumat, 20 September 2024

Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan, Momen Bersejarah buat Bangsa Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia tahun ini dipusatkan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Foto: Farid Kusuma suarasurabaya.net

Hari ini, Sabtu (17/8/2024), suarasurabaya.net berada di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, untuk meliput rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia.

Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini merupakan salah satu momen bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Karena, untuk pertama kalinya acara inti seperti Peringatan Detik-detik Proklamasi, dan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih, secara nasional terpusat di Istana Negara yang ada di IKN.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia tahun ini dipusatkan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Sabtu (17/8/2024). Foto: Farid Kusuma suarasurabaya.net

Rangkaian acara diawali dengan Apel Kehormatan dan Renungan Suci untuk mengenang serta mendoakan para pahlawan yang sudah gugur, pada pukul 00.00 WITA.

Prosesi Apel Kehormatan dan Renungan Suci berlangsung di Taman Kusuma Bangsa, IKN, dipimpin Joko Widodo Presiden. Sedangkan Ma’ruf Amin Wakil Presiden memimpin acara serupa di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan.

Pagi hari, sekitar pukul 09.15 WITA, ada pertunjukan kesenian di Halaman Istana Negara IKN yang jadi tempat upacara.

Kemudian, pukul 10.15 WITA, terjadwal Kirab Duplikat Bendera Pusaka dan Salinan Teks Proklamasi yang pekan lalu dikirim dari Jakarta.

Selanjutnya, pukul 11.00 WITA, Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dan pengibaran Bendera Pusaka Sang Merah Putih oleh Paskibraka.

Sesudah itu, akan ada aksi flypass Pesawat Tempur TNI AU, di atas Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

Merujuk Pedoman Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang dirilis Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), waktu peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI pukul 10.00 WIB, atau pukul 11.00 WITA di IKN.

Peserta upacara di Lapangan lstana Negara IKN terdiri dari Pimpinan Lembaga Negara, Gubernur Bank lndonesia, sebagian Menteri Kabinet lndonesia Maju, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, dan tamu undangan terbatas.

Pemerintah membatasi jumlah tamu undangan di IKN karena keterbatasan akomodasi dan sarana transportasi.

Total ada 1.300 undangan, di antaranya untuk mantan presiden, presiden terpilih 2024-2029, pimpinan lembaga tinggi negara, sejumlah menteri, tokoh masyarakat, dan pekerja IKN.

Sementara, peserta upacara di Halaman lstana Merdeka Jakarta antara lain sebagian Menteri Kabinet lndonesia Maju, duta besar negara-negara sahabat, dan tamu undangan lainnya.

Kemensetneg mengimbau para peserta upacara memakai pakaian nasional atau pakaian adat daerah.

Sore hari, pukul 15.45 WITA, akan ada pertunjukan kesenian di Lapangan Upacara Istana Negara IKN, lalu dilanjutkan dengan Upacara Penurunan Bendera, mulai pukul 17.00 WITA.

Seperti diketahui, pemerintah sudah melakukan berbagai persiapan, termasuk menyediakan sejumlah fasilitas umum, demi kelancaran acara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia di IKN.

Antara lain, mempercepat pembangunan infrastruktur jalan dan gedung untuk penginapan, serta memastikan satu RS milik pemerintah dan dua RS swasta beroperasi selama perayaan ulang tahun kemerdekaan.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs