Jumat, 20 September 2024

Kasetpres Gelar Doa Bersama Jelang Peringatan HUT Ke-79 RI di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Heru Budi Hartono Kasetpres memberikan potongan tumpeng kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat di sela acara doa bersama jelang HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, Jumat (16/8/2024), di IKN, Kalimantan Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) selaku Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, siang hari ini, Jumat (16/8/2024), mengadakan doa bersama, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Acara ini dimulai dengan Salat Jumat berjemaah, dilanjutkan dengan doa bersama yang dihadiri tokoh masyarakat, tokoh adat, TNI-Polri, serta pemangku adat dan tokoh agama setempat.

Dalam sambutannya, Kasetpres menekankan pentingnya doa dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk kelancaran perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia yang untuk pertama kalinya diselenggarakan di IKN.

Heru Budi juga mengajak semua pihak yang hadir untuk memohon kelancaran dan kesehatan dari Tuhan supaya upacara peringatan hari kemerdekaan besok berlangsung khidmat dan lancar.

Selanjutnya, Kasetpres meminta tokoh agama setempat memimpin doa bersama. Sehingga, IKN membawa berkah bagi seluruh Rakyat Indonesia.

Sebagai penutup acara, Kasetpres memotong tumpeng dan memberikan potongan tumpeng kepada perwakilan tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI-Polri, hingga pekerja konstruksi Ibu Kota Nusantara.

“Kami seluruh jajaran Panitia HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia memohon kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh adat, rekan-rekan TNI-Polri, dan pemangku adat, dan seluruh rekan-rekan berdoa, agar besok hari upacara bisa berlangsung dengan khidmat, dan kami juga memohon kesehatan, memohon kelancaran dari Allah SWT,” ujar Heru.

Sementara itu, Brigjen TNI Bayu Permana Kepala Staf Kodam VI/Mulawarman menyatakan, doa bersama juga digelar di beberapa lokasi lainnya di IKN.

Kegiatan itu juga dihadiri tokoh lintas agama, bukan cuma dari kalangan Umat Islam.

Seperti diketahui, Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu momen bersejarah dalam perjalanan Bangsa Indonesia.

Karena, tahun ini untuk pertama kalinya acara inti seperti Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan, dan Pengibaran Bendera Sang Merah Putih secara nasional terpusat di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs