Kamis, 19 September 2024

“Jatim Gerbang Nusantara Baru” jadi Slogan Kemerdekaan RI ke-79 di Jawa Timur

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jawa Timur. Foto: Humas Pemprov Jatim

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur (Jatim) mengenalkan slogan ‘Jawa Timur Gerbang Nusantara Baru’ untuk menyambut Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 pada 17 Agustus besok.

Slogan baru itu senada dengan tema Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yakni ‘Nusantara Baru Indonesia Maju’. Menurut Adhy, slogan kemerdekaan tahun ini diharapkan membuat Provinsi Jatim sebagai penunjang Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami optimis Jawa Timur bisa menjadi Gerbang Nusantara Baru, karena sangat strategis dan sampai saat ini telah menjadi Hub bagi Indonesia wilayah Timur. Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh warga Jawa Timur ikut merasakan optimisme ini sebagai peluang besar bagi Jatim,” ujar Adhy di Surabaya, Jumat (16/8/2024).

Slogan kemerdekaan ini, kata Adhy, merupakan momentum untuk menyatukan tekad dan menyusun berbagai rencana pembangunan ke depan. Menurutnya, semua orang memiliki peran di bidangnya masing-masing dalam melakukan pembangunan.

“Kalau untuk kami di Pemerintah Provinsi Jawa Timur, semangat kemerdekaan ini kami ejawantahkan di beberapa sektor kunci. Salah satunya adalah semangat melanjutkan komitmen menjaga pertumbuhan ekonomi,” katanya.

Sementara itu, Pemprov Jatim menyelenggarakan Peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan dengan melibatkan masyarakat umum di Gedung Negara Grahadi pada pukul 07.00 WIB dan dihadiri oleh 500 undangan.

Sedangkan untuk Upacara Penurunan Bendera dilakukan pukul 15.30 WIB dan mengundang 750 undangan masyarakat.

Di sisi lain Bobby Soemiarsono Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur mengatakan, ada banyak pertunjukan dalam peringatan HUT Ke-79 RI di Halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Acara besok bakal disemarakan oleh bintang tamu seperti Difarina Indra, Sendratari Pawitra Suci, serta Marching Band Gita Taruna Angkasa dari SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun yang akan mengisi Upacara Pengibaran.

Kemudian waktu penurunan bendera, akan ada hiburan dari Sendratari Expedition of MADA, Niken Salindry, dan Fakedopp. Bahkan, nantinya mereka yang mengenakan kostum menarik akan mendapatkan hadiah khusus.

“Ini persembahan untuk masyarakat agar bisa langsung merasakan prosesi upacara dan menikmati atraksi yang disediakan. Kami ingin masyarakat merasakan kegembiraan merayakan kemerdekaan,” ujar Bobby. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Kamis, 19 September 2024
28o
Kurs