Jumat, 20 September 2024

PKB Tak Mau Tahu Soal MLB PBNU

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa saat memberikan keterangan pers di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/8/2024). Foto: Antara

Muhaimin Iskandar Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa mengatakan bahwa pihaknya tidak mau tahu soal Muktamar Luar Biasa (MLB) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

“PKB tidak boleh ikut-ikut urusan organisasi yang bukan wewenangnya. Oleh karena itu, saya tidak mau tahu urusan yang terjadi di sana karena bukan urusan saya,” kata Cak Imin sapaan akrabnya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Kamis (15/8/2024) dilansir Antara

Oleh sebab itu, ia mengatakan bahwa hal terpenting yang perlu dilakukan partainya ataupun PBNU adalah berpegang teguh pada konstitusi negara.

Ia merujuk pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang partai politik, dan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang organisasi kemasyarakatan (ormas).

“Kalau ada ormas atau partai politik tidak taat pada undang-undang ataupun konstitusi, ya, itu membahayakan negara kita,” jelasnya.

Sebelumnya, Abdussalam Shohib alias Gus Salam tokoh NU dari Jawa Timur mengatakan bahwa akar rumput mulai resah melihat PBNU akhir-akhir ini yang melenceng jauh dari tugas utama, sehingga MLB PBNU bisa terjadi kapan saja.

Dia mengatakan bahwa NU sejatinya memiliki peran untuk menyejukkan umat. Namun, dia menilai sikap-sikap intervensi justru menjadi gaya baru bagi PBNU.

“PBNU hari ini jauh dari kondusif. MLB merupakan bom waktu yang siap meledak kapan pun,” kata Gus Salam dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (14/8/2024). (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs