Jumat, 20 September 2024

Pj Gubernur Jatim Lepas Tim Ekspedisi 79 untuk Kibarkan Merah Putih di Gunung Arjuno

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono Pj Gubernur Jawa Timur waktu memberi arahan kepada Tim Ekspedisi 79 di Kantor Setda Provinsi Jatim, Kamis (15/8/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Adhy Karyono Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur melepas tim pendaki Ekspedisi 79 di Halaman Kantor Setda Provinsi Jatim untuk menuju ke Gunung Arjuno, Kamis (15/8/2024) pagi.

Ekspedisi 79 ini adalah para pendaki dari berbagai elemen yang akan mengibarkan bendera merah putih di Puncak Gunung Arjuno di ketinggian 3339 Mdpl pada peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada Sabtu (17/8/2024).

Total ada 150 orang peserta yang masuk dalam tim “Ekspedisi 79” ini. Mereka terdiri dari unsur ASN Dinas Kehutanan (Dishut), Tim Instansi/Lembaga, Relawan Tahura, ⁠Pramuka, Media, Pecinta Alam dan Pendaki Perempuan.

Mereka menuju Gunung Arjuno menggunakan empat truk yang secara resmi diberangkatkan Pj Gubernur Jatim hari ini.

“Tidak sekadar semangat juang kemerdekaan, melainkan juga turut membangun semangat juang pemulihan kawasan melalui pemulihan ekosistem. Sekaligus menggugah kesadaran pentingnya pelestarian alam dan lingkungan,” ujar Adhy.

Adhy mengatakan, Tim Ekspedisi 79 ini juga membawa 79 bibit Pohon Cemara Gunung untuk ditanam di Gunung Arjuno.

Selain itu juga dilakukan kegiatan lain berupa sedekah oksigen dan festival mangrove sebagai wujud peningkatan sinergi hulu hilir dalam upaya rehabilitasi Jatim.

“Sehingga di tahun 2024 atau sampai dengan hari ini tercatat dukungan penyediaan bibit dan penanaman sebanyak 3,36 juta batang bibit wilayah darat maupun kawasan mangrove,” jelasnya.

Adhy berharap, kegiatan ini bisa bermanfaat untuk melakukan pengamanan dan perlindungan kawasan konservasi pelestarian alam khususnya di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo.

“Kami tunggu kabar baiknya. Semoga seluruh partisipan tim Ekspedisi 79 Gunung Arjuno diberi kemudahan, kelancaran, dan kesehatan selama pendakian dan tiba dengan selamat,” tandasnya. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs