Sabtu, 28 September 2024

Selain Tenaga Manusia, Cafe Surabaya Mulai Pakai Robot Barista

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Robot barista saat membuat pesanan minuman pelanggan di FamilyMart Jalan Tunjungan Surabaya, Kamis (15/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Selain menggunakan tenaga manusia untuk melayani pelanggan, cafe di Surabaya mulai memakai teknologi robot barista.

Pantauan suarasurabaya.net robot pembuat minum itu ada di FamilyMart Jalan Tunjungan Kota Surabaya yang baru dibuka untuk umum pada Kamis (15/8/2024) hari ini.

Robot itu diletakkan di dalam ruangan khusus yang berisi bahan-bahan semua jenis minuman yang ada dalam menu.

Cara kerjanya dimulai saat pembeli memilih menu minuman dan membayar nontunai dengan scan QR Code. Minum akan siap diambil pelanggan sekitar tiga menit setelahnya.

“Ini robot barista kedua di Surabaya, yang pertama di Bandara Juanda,” kata Wirry Tjandra adalah CEO FamilyMart Indonesia pada Kamis (15/8/2024).

Teknologi robot barista ini disebut merupakan pertama di Surabaya, yang mengadopsi konsep cafe canggih serupa di Jepang.

“Kami sudah riset dan belum ada di Surabaya, FamilyMart adalah pertama robot barista seperti ini,” imbuhnya.

Meski robot barista belum menggantikan peran tenaga manusia, saat ini hanya dihadirkan untuk memberi pengalaman pelanggan.

“Yang dicari masyarakat sesuatu yang inovatif, jadi kami hadirkan robot barista. Banyak anak muda butuh experience yang bisa dirasakan, jadi kami hadirkan robot barista di toko kami,” ucapnya.

Pembuatan robot barista yang diimpor dan pemrograman software karya anak Bangsa Indonesia ini memakan waktu tiga bulan. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 28 September 2024
29o
Kurs