Jumat, 20 September 2024

Dengar Isu Penguasa Ambil Alih Partai, Megawati Jadi Semangat Pimpin PDIP Lagi

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP PDIP saat menyampaikan pidato politiknya di acara pengumuman bakal calon Kepala Daerah di Pilkada 2024, Rabu (14/8/2024) di kantor DPP. Foto: Istimewa

Megawati Soekarnoputri Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyatakan niatannya untuk bersedia kembali memimpin Partai berlambang banteng moncong putih.

Sekadar diketahui, dalam Rakernas PDIP terakhir di awal tahun ini, para pengurus PDIP sudah meminta kesediaan Megawati untuk kembali menjadi ketua umum periode 2025-2030.

Awalnya, Megawati mengaku resah dengan adanya isu, bahwa ada pihak yang ingin mengambil posisi Ketua Umum PDIP.

Hal itu disampaikan Megawati dalam pidato politiknya saat pengumuman bakal calon kepala daerah tingkat kabupaten/kota dan gubernur untuk gelombang pertama di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (14/7/2024).

“Begitu dengar ini kayaknya diambil PDI Perjuangan, saya mau jadi ketua umum lagi,” kata Megawati disambut tepuk tangan oleh peserta acara.

Megawati menyinggung nama Gatot Soebroto dan Ahmad Yani, dua jenderal legendaris milik TNI AD. Lalu, Presiden Kelima RI itu menyampaikan seharusnya di usianya yang 77 tahun ini, dirinya sudah pensiun. Namun, Megawati mendengar aspirasi dari para kader PDIP yang menginginkannya menjadi Ketua Umum PDIP lagi.

Di sisi lain, Megawati sempat menyampaikan kepada Hasto Kristiyanto Sekjennya, bahwa sebenarnya ia ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

“Aku bilang sama Hasto, aku pikir dulu, ya, To. Aku rasanya kepingin juga deh ngumpul sama keluarga,” kata Megawati.

Niatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ternyata tidak menemukan jalan mulus. Megawati mendengar ada pihak yang ingin membegal PDIP. Megawati juga mencontohkan hal tersebut terjadi pada partai politik sebelah, tanpa menyebutkan nama parpol yang ia maksud.

“Ada orang mau ngambil pula PDI Perjuangan. Aih, gawat,” kata Megawati.

Megawati juga mengutarakan kekecewaan terhadap kadernya di PDIP yang terkadang tidak menurut pada perintahnya. Megawati lalu meminta kepada jajarannya agar patuh pada perintahnya apabila dirinya menjadi Ketua Umum PDIP lagi.

“Mesti turut perintah saya. Iya makanya manis-manis saja sama saya,” kata Megawati.

Putri Proklamator RI Bung Karno ini juga meminta kepada seluruh kadernya agar setia mendampinginya apabila dirinya ditekan dengan alat hukum, seperti yang sudah pernah terjadi.

“Kalau saya dipanggil sama KPK, kamu pada ngikut semua, ya. Gila ya (apabila saya dipanggil KPK). Memangnya saya pernah main korupsi. Opo, opo, cari saja, dah,” kata Megawati.(faz/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
26o
Kurs