Jumat, 20 September 2024

Pemkot Surabaya Bersiap Jadi Pusat Penunjang Kebutuhan untuk IKN

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mendampingi Gibran Rakabuming Raka Wakil Presiden RI terpilih 2024-2029 uji coba makan gratis di SDN Klampis Ngasem III Kota Surabaya, Kamis (1/8/2024). Foto: Meilita Elaine suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersiap-siap menjadi hub atau pusat penunjang kebutuhan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, dengan adanya IKN, maka posisi Kota Pahlawan semakin strategis. Surabaya akan jadi pusat penunjang kebutuhan di sana mulai dari logistik, pangan, jasa, hingga alur lalu lintas jalur tol laut.

“Alhamdulillah senang dan bangga rasanya bisa rapat koordinasi pertama di IKN yang langsung dipimpin oleh Pak Jokowi Presiden. InsyaAllah, Surabaya akan menjadi hub untuk operasional IKN, baik dari kebutuhan jasanya, kebutuhan pangan, dan semuanya,” kata Eri, lewat keterangan pers, Rabu (14/8/2024).

Ia berharap, potensi ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan membuat warga Kota Surabaya lebih sejahtera.

“Semoga Surabaya dengan IKN ini, akan semakin berkembang dan bisa mensejahterakan warga Kota Surabaya, dengan kita memenuhi sebagai hub operasional di IKN,” sebutnya.

Diketahui, Eri salah satu kepala daerah yang hadir dalam pengarahan Joko Widodo Presiden RI di IKN kemarin, Selasa (13/8/2024).

Dalam pengarahannya, Jokowi menyampaikan tiga poin. Pertama, terkait pembangunan IKN dan upaya mewujudkan Indonesia sebagai negara maju sesuai visi Indonesia Emas 2045.

Arahan kedua mengapresiasi efektivitas pemerintah daerah menjaga inflasi di bawah tiga persen. Jokowi kembali menginstruksikan pemerintah daerah untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Poin ketiga, mengingatkan pemerintah daerah menyelesaikan urusan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). (lta/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs