Jumat, 20 September 2024

Jokowi Presiden Kukuhkan Paskibraka 2024 di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memasang sabuk di pinggang Violetha Agryka Sianturi perwakilan Paskibraka 2024, Selasa (13/8/2024), di Istana Negara IKN, Kalimantan Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, Selasa (13/8/2024), mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), di Istana Negara, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Sebanyak 76 orang perwakilan dari 38 provinsi di Indonesia yang dikukuhkan, akan bertugas pada upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di IKN.

Upacara dimulai dengan berkumandangnya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Sesudah itu, Violetha Agryka Sianturi Paskibraka perwakilan Sumatera Utara menyampaikan laporan kegiatan kepada Jokowi Presiden.

Selanjutnya, prosesi mengheningkan cipta, disambung pembacaan Ikrar Putra-Putri Indonesia yang dipandu Yudian Wahyudi Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Berikutnya, Jokowi Presiden sebagai pembina membacakan pernyataan pengukuhan Anggota Paskibraka Tingkat Nasional 2024, dan secara simbolis menyematkan lencana di baju Violetha.

“Dengan memohon rida Allah Yang Maha Kuasa, dengan ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat pusat tahun 2024 yang akan bertugas di Istana Negara Ibu Kota Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara,” kata Presiden.

Sesudah prosesi pengukuhan selesai, Jokowi Presiden memberikan ucapan selamat kepada 76 Anggota Paskibraka 2024.

Sekadar informasi, Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia secara nasional tahun ini akan digelar terpusat di IKN.

Tata upacara militer dimulai pukul 11.00 WITA dipimpin Joko Widodo Presiden selaku Inspektur Upacara. Sedangkan upacara di Istana Merdeka Jakarta dipimpin Ma’ruf Amin Wakil Presiden.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs