Jumat, 20 September 2024

Wali Kota Surabaya Pastikan Rencana Pengamanan Pilkada yang Diminta Presiden Sudah Berjalan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi Pilkada. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya memastikan koordinasi rencana pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) yang diminta Joko Widodo Presiden RI sudah berjalan.

Ia menyebut, sejauh ini komunikasi dengan Forkopimda sudah terjalin baik. Pemkot juga memenuhi anggaran yang dibutuhkan dalam sejumlah kegiatan, termasuk Pilkada.

Ia berharap, Pilkada di Surabaya akan berjalan aman dan tenang.

“Jadi kalau kita dengan Forkopimda sudah sangat masif, dekat betul, anggaran yang dibutuhkan kita penuhi semua. Kita berharap Pilkada berjalan aman dan tenang karena bagaimana pun, kita satu saudara, bagaimana membangun kota ini secara bersama,” papar Eri, Selasa (13/8/2024).

Ia juga menargetkan partisipasi masyarakat sebagai pemilih di Pilkada meningkat seperti arahan Jokowi di IKN, Selasa hari ini.

“Terkait Pilkada harus tetap bergerak untuk masyarakat, memberi terbaik pasa masyarakat terhadap proses Pilkada. Jadi partisipasi masyarakat harus semakin tinggi dalam proses Pilkada ini,” tambahnya lagi.

Selain Pilkada, anggaran perubahan, lanjut Eri, akan dituntaskan Agustus dengan DPRD Surabaya.

“Sehingga (anggaran) 2024 bisa dipertanggungjawabkan bisa selesai tepat waktunya sehingga masyarakat bisa merasakan dampak pembangunan masing-masing kota kabupaten,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi mengumpulkan kepala daerah seluruh Indonesia, di Istana Garuda, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (13/8/2024).

Dalam arahannya, Presiden menyampaikan tiga poin penting kepada para kepala daerah. Salah satunya mengingatkan pemerintah daerah menyelesaikan urusan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal-hal yang berkaitan dengan keamanan harus dikoordinasikan dengan forkopimda karena belum pernah ada pengalaman melaksanakan Pilkada serentak.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah mencairkan dana hibah untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya 100 persen.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya menyebut, total dana hibah Pilkada 2024 yang diserahkan Rp114 miliar lebih. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
26o
Kurs