Jumat, 20 September 2024

Golkar Segera Gelar Rapat Pleno untuk Tentukan Plt Ketum dan Tanggal Munas

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Airlangga Hartarto telah memutuskan untuk mundur dari jabatan Ketua Umum Partai Golkar. Foto: Golkar

Agung Laksono Ketua Dewan Pakar DPP Partai Golkar mengatakan, pengurus pusat Golkar mengagendakan rapat pleno, hari Selasa (13/8/2024), pascamundurnya Airlangga Hartarto dari posisi Ketua Umum.

Menurutnya, rapat pleno itu untuk menentukan Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum Golkar, dan tanggal pelaksanaan musyawarah nasional (munas) atau musyawarah nasional luar biasa (munaslub).

“Dalam rapat pleno yang akan digelar dalam waktu dekat sehubungan dengan pengunduran diri ketua umum, dan ini sekarang sedang mau pemilihan kepala daerah (pilkada) itu yang ditetapkan oleh partai, harus ditandatangani oleh ketua umum dan sekretaris jenderal definitif. Jadi, tetap akan diadakan munas,” ujarnya di Jakarta, Minggu (11/8/2024).

Terkait nama kader yang akan menjadi Plt. Ketua Umum Golkar, Agung menyebut ditentukan berdasarkan hasil rapat pleno.

Salah seorang kandidat Plt. Ketum Golkar yaitu Agus Gumiwang Kartasasmita yang sekarang menjabat Menteri Perindustrian.

Seperti diketahui, Airlangga Hartarto, hari ini mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi Ketua Umum DPP Partai Golkar.

Lewat rekaman video berdurasi sekitar tiga menit, Airlangga menyatakan mundur untuk menjaga keutuhan Partai Golkar, dan menjamin stabilitas transisi pemerintahan dalam waktu dekat.

Sesudah melakukan berbagai pertimbangan, Airlangga memutuskan mundur dan tidak lagi memimpin Golkar, terhitung mulai hari Sabtu (10/8/2024) malam.

Airlangga Hartarto dua periode menjadi Ketua Umum DPP Partai Golkar. Pertama, masa tugas 2014-2019.

Lalu, dalam Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta Selatan, Rabu (4/12/2019), Airlangga kembali terpilih untuk periode 2019-2024. (rid/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
31o
Kurs