Jumat, 20 September 2024

Iran Nyatakan Tak Ingin Ganggu Perundingan Gencatan Senjata di Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kondisi warga Palestina kembali ke kota Khan Younis di Jalur Gaza selatan. Foto: Antara

Iran mengatakan pihaknya ingin menghindari dampak negatif terhadap perundingan gencatan senjata Gaza dengan tindakan balasan yang diantisipasi terhadap Israel atas pembunuhan Ismail Haniyeh Kepala Biro Politik Hamas bulan lalu.

Melansir Antara, pernyataan misi permanen Iran di PBB pada, Sabtu (10/8/2024), menegaskan mencapai gencatan senjata permanen di Gaza tetap menjadi prioritas. Hal itu disampaikan menjawab pertanyaan tentang apakah Teheran akan menunda rencana pembalasannya atas perundingan gencatan senjata yang direncanakan.

Pernyataan itu juga mengecam pembunuhan Haniyeh di Teheran sebagai “pelanggaran keamanan dan kedaulatan nasional Iran”. Meski demikian, Iran akan menerima setiap kesepakatan yang diterima oleh Hamas.

Iran menekankan haknya untuk membela diri tetapi juga menekankan bahwa mereka berharap tanggapannya tidak akan menghalangi upaya gencatan senjata yang sedang berlangsung.

Untuk diketahui, pernyataan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan setelah pembunuhan Haniyeh pada 31 Juli, serta serangan Israel sebelumnya di Beirut yang menewaskan Fouad Shukr, seorang komandan senior kelompok Hizbullah Lebanon.

Adapun pada Kamis (8/8/2024), para pemimpin dari Mesir, Qatar, dan AS menyerukan dimulainya kembali perundingan gencatan senjata dan pertukaran sandera antara Israel dan Hamas yang dijadwalkan pada Rabu atau Kamis minggu depan di Doha atau Kairo.

Sebagai informasi, serangan Israel terhadap Jalur Gaza telah menewaskan hampir 39.700 orang sejak Oktober lalu menyusul serangan lintas perbatasan oleh kelompok perlawanan Palestina Hamas.

Lebih dari 10 bulan setelah serangan Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur di tengah blokade yang melumpuhkan makanan, air bersih, dan obat-obatan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ) yang memerintahkannya untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum diserang pada 6 Mei. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs