Jumat, 20 September 2024

Asosiasi Rental Mobil Surabaya Akui Diminta Sediakan Alphard untuk Upacara di IKN

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi - Tampilan belakang Toyota Alphard. Foto: iStock

Organisasi Pengusaha Rentcar Daerah (Asperda) Kota Surabaya mengaku dimintai perbantuan untuk menyediakan mobil sewa jenis Alphard untuk upacara 17 Agustus 2024 di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Dalam hal ini kami turut serta dalam bersinergi dengan teman-teman pengusaha rental yang tergabung di DPD Asperda Kalimantan Timur yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan HUT RI di IKN. Jadi sifatnya kami yang ada di Jawa Timur, khususnya Surabaya ini dimintai tolong rekan-rekan dari Kalimantan Timur untuk penyediaan unit Alphard,” beber Yanuar Prawira Ketua DPC Asperda Surabaya, Sabtu (10/8/2024).

Namun belum ada kepastian jumlah unit yang diminta untuk perbantuan.

“Namun jumlah pastinya masih belum bisa kami sampaikan secara detail. Karena masih tahapan-tahapan konsolidasi,” tambahnya.

Ia memastikan siap untuk perbantuan mengirim Alphard ke IKN untuk keperluan tamu-tamu dan peserta upacara.

“Asperda Surabaya siap membantu rekan-rekan pengusaha rentan di Asperda Kalimantan Timur terkait HUT Proklamari Ri ke-79 di IKN,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Setya Utama Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) membantah gaduh kabar pemerintah menyewa seribu Toyota Alphard untuk upacara di IKN.

Menurutnya, pemerintah menyiapkan bus untuk mengangkut tamu undangan peserta Upacara Pengibaran Bendera, Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera. Tapi, jumlahnya tidak sampai seribu unit.

Nantinya para menteri Kabinet Indonesia Maju dan tamu negara juga akan naik bus menuju lokasi upacara.

Sedangkan kendaraan VVIP untuk Joko Widodo Presiden diatur oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kendaraan lain yang digunakan untuk rangkaian Presiden RI dan Ibu Negara antara lain mobil cadangan dan ambulans.

Sebelumnya, Damun Kiswanto Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah (Asperda) Kalimantan Timur menyatakan, Kemensetneg memesan seribu unit mobil untuk upacara di IKN.

Karena ada permintaan dengan jumlah banyak dan mendadak, Damun bilang harga sewa mobil di Kalimantan Timur mengalami kenaikan.

Dia mengklaim harga sewa satu unit mobil Toyota Alphard yang normalnya Rp7 juta per hari, naik jadi Rp25 juta per hari. (lta/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
30o
Kurs