Jumat, 20 September 2024

Gebukan Drum Fill In Echa Soemantri Bisa Didengarkan di Jazz Traffic Festival 2024

Laporan oleh Akira Tandika Paramitaningtyas
Bagikan
Echa Soemantri bakal tampil di Jazz Traffic Festival 2024, 14-15 September 2024. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Angkatan Idola Cilik pasti nggak asing dengan nama Echa Soemantri, deh.

Drummer yang dulu kerap digoda oleh Okky Lukman itu, bakal ikut tampil di panggung Jazz Traffic Festival 2024, di Grand City Surabaya, 14-15 September 2024.

Belum lama ini, nama Echa Soemantri viral di media sosial karena fill in drum yang dia mainkan untuk mengiringi penyanyi Rossa tampil di Wesley Conference Centre, Sydney, 2022 lalu.

Fill in tersebut viral bersamaan dengan naiknya lagi lagu Rossa “Terlalu Cinta” di media sosial.

Banyak drummer yang kemudian memainkan ulang fill in Echa Soemantri yang mendapat banyak pujian. Bahkan tak jarang yang mengatakan bahwa aksi Echa tidak mungkin bisa ditiru.

Untuk diketahui, Echa Soemantri mengawali kariernya sebagai penggebuk drum sejak tahun 2000 bersama band yang dibuat sang ayah, “YES!”.

Tahun 2003, Echa bertemu dengan Tengku Abdul dan sempat membentuk sebuah band sebelum akhirnya Abdul memutuskan untuk bersolo karir.

Setelah itu, Echa banyak mengiringi penyanyi kenamaan Indonesia seperti, Marcello Tahitoe, Erwin Gutawa Orkestra, Addie MS, Andi Rianto, Dewa Budjana, Glenn Fredly, Oni Krisnerwinto, Tohpati, Tompi, Trio Lestari, Yovie Widianto, dan masih banyak lagi.

Echa terus mengembangkan kariernya. Dia kembali dipercaya untuk bermain dalam Konser 3 Diva di Kuala Lumpur, Malaysia pada 2007 lalu, bersama Erwin Gutawa Orchestra dan Jay Subiakto.

Di tahun yang sama, Echa juga terlibat project bersama Yovie & Nuno untuk pengerjaan album “The Special One”, khususnya dalam mengisi Signature Fill In pada lagu “Menjaga Hati”.

Pada 2008, Echa bergabung dengan Oni Krinewantoro & Friends dalam acara Idola Cilik.

Kini, Echa aktif sebagai pengajar, arranger, dan session drummer.

Echa Soemantri akan tampil di Jazz Traffic Festival 2024, di Grand City Surabaya pada 14-15 September 2024.

Sederet musisi papan atas lain juga akan memeriahkan Jazz Traffic Festival 2024 di antaranya Ardhito Pramono, NonaRia, The Changcuters, Kahitna, Nadin Amizah, Coldiac, Baryy Likumahuwa, Reality Club, Adikara, Dere, Yovie and The Nuno, Maliq & d’Essentials, Coldiac, Suara Kayu, Mocca, Mr. Jono Joni, Vina Panduwinata serta sejumlah artis lainnya.

Informasi tiket Jazz Traffic Festival bisa diakses di jazztraffic.com.

Tentang Jazz Traffic

Jazz Traffic sendiri awalnya adalah program siaran di Radio Suara Surabaya yang sudah mengudara sejak tahun 1983. Bahkan, Bubi Chen sang virtuoso musik jazz internasional dari Surabaya pernah terlibat dalam siaran Jazz Traffic sejak tahun 1985 sampai akhir hayatnya pada tahun 2012.

Saat ini, siaran Jazz Traffic tidak hanya memperdengarkan komposisi-komposisi jazz, tapi juga mengenalkan sub genre Jazz Tradisional, Free Jazz, hingga Jazz Kontemporer. Selama mengudara, Jazz Traffic telah membentuk komunitas-komunitas jazz yang solid, tidak hanya di Kota Surabaya, tapi juga kota-kota lain di Indonesia.

Program Jazz Traffic yang dibidani Errol Jonathans ini, lantas diabadikan dalam sebuah acara live performance para musisi jazz Indonesia bertajuk Jazz Traffic Festival (JTF).

Jazz Traffic Festival digelar pertama kali pada 27 Nopember 2011 di Grand City Surabaya.(kir/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
27o
Kurs