Jumat, 20 September 2024

Kemensetneg Bantah Sewa Ribuan Mobil Alphard untuk Kegiatan 17 Agustus di IKN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Desain eksterior yang bakal menjadi Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Foto: /HO Instagram@nyoman_nuarta/aa.

Setya Utama Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) mengatakan, pihaknya tidak menyewa seribu unit mobil Toyota Alphard dan bus untuk acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Indonesia, di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Menurutnya, pemerintah menyiapkan bus untuk mengangkut tamu undangan peserta Upacara Pengibaran Bendera, Detik-detik Proklamasi dan Penurunan Bendera. Tapi, jumlahnya tidak sampai seribu unit.

“Armada bus yang disiapkan Kementerian Perhubungan, Otorita IKN dan Pemda Kalimantan Timur selaku panitia pelaksana bidang transportasi, jumlahnya sekitar 200 unit,” ujarnya di Jakarta, Rabu (7/8/2024).

Nantinya, lanjut Setya, para menteri Kabinet Indonesia Maju dan tamu negara juga akan naik bus menuju lokasi upacara.

Sedangkan kendaraan VVIP untuk Joko Widodo Presiden diatur oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kendaraan lain yang digunakan untuk rangkaian Presiden RI dan Ibu Negara antara lain mobil cadangan dan ambulans.

“Ada seratusan unit kendaraan operasional yang disewa Sekretariat Presiden untuk wara wiri dan mengangkut logistik seperti truk dan mobil box,” tegas Setya.

Sebelumnya, Damun Kiswanto Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pengusaha Rental Mobil Daerah (Asperda) Kalimantan Timur menyatakan, Kemensetneg memesan seribu unit mobil untuk upacara di IKN.

Karena ada permintaan dengan jumlah banyak dan mendadak, Damun bilang harga sewa mobil di Kalimantan Timur mengalami kenaikan.

Dia mengklaim harga sewa satu unit mobil Toyota Alphard yang normalnya Rp7 juta per hari, naik jadi Rp25 juta per hari.(rid/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
31o
Kurs