Jumat, 20 September 2024

Prancis dan Mesir Sama-Sama Melenggang ke Semifinal Olimpiade Paris

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pemain Mesir merayakan gol penyeimbang Ibrahim Adel dalam laga perempat final di stadion Orange Velodrome, pada Sabtu (3/8/2024) dini hari WIB. Foto: Eurosport

Mesir mengamankan tempat di semifinal sepak bola putra Olimpiade 2024 usai menang adu penalti 5-4 atas Paraguay, dalam laga perempat final di stadion Orange Velodrome, pada Sabtu (3/8/2024) dini hari WIB.

Paraguay sempat unggul lebih dahulu lewat Diego Gomez sebelum dibalas oleh Mesir melalui Ibrahim Adel sehingga skor 1-1 di waktu normal. Ini pertama kali bagi Mesir lolos ke semifinal sepak bola Olimpiade 2024 setelah terhenti di perempat final pada Olimpiade edisi sebelumnya.

Sedangkan Paraguay gagal mengulang prestasi terbaik di sepak bola Olimpiade seperti pada 2004 lalu saat meraih medali perak.

Melansir Antara, Paraguay dan Mesir sama-sama bermain hati-hati di babak pertama. Pada menit ke-24, Mahmoud Sabar gelandang Mesir melepas tembakan dari jauh. Namun, arah bola masih melebar dari gawang Paraguay.

Giliran Diego Gomez buka peluang untuk Paraguay pada menit ke-29. Tapi, tendangan bebasnya masih mengarah tepat ke kiper Mesir.

Mesir menciptakan peluang emas pada menit ke-31. Manfaatkan umpan Faisal, tendangan Mahmoud Saber yang sudah tidak terkawal masih bisa ditepis kiper Paraguay, Fernandez.

Peluang demi peluang tercipta, namun tak ada yang berbuah gol untuk kedua kesebelasan sampai turun minum. Skor kacamata menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan berjalan alot. Tapi Paraguay bisa memecahkan kebuntuan lewat gol Diego Gomez pada menit ke-71.

Memanfaatkan umpan terobosan yang terukur dari Enciso, Diego Gomez melewati bek Mesir dan melepas tembakan yang gagal dihentikan kiper kiper sehingga skor menjadi 1-0 untuk Paraguay.

Mesir yang bermain pantang menyerah mampu menciptakan gol penyeimbang pada menit ke-88. Ibrahim Adel membuat skor 1-1 usai manfaatkan umpan dari Zizo. Hingga babak kedua berakhir, skor 1-1 tetap bertahan sehingga pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Hingga babak perpanjangan waktu berakhir, skor tidak berubah sehingga dilanjutkan adu penalti

Dalam adu penalti, seluruh penendang Mesir bisa mencetak gol. Sedangkan satu penendang Paraguay gagal melesakkan bola ke dalam gawang. Mesir menang 5-4 dalam adu penalti dan memastikan langkah ke semifinal.

Prancis Susul Mesir ke Semifinal

Di pertandingan lain, Timnas Prancis U-23 berhasil melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Argentina U-23 dengan skor tipis 1-0 dalam laga perempat final di Nouveau Stade de Bordeaux, Sabtu dini hari WIB.

Prancis sudah memimpin 1-0 di awal pertandingan berkat gol Jean-Philippe Mateta. Pertandingan juga diwarnai keributan yang terjadi setelah pertandingan berakhir oleh para pemain kedua tim.

Tim tuan rumah langsung membuka skor saat laga baru berjalan lima menit. Proses gol terjadi lewat sepak pojok Michael Olise yang kemudian disundul Jean Philippe Mateta. Bola tidak bisa diamankan kiper Geronimo Rulli sehingga skor menjadi 1-0 untuk Prancis.

Para pemain Prancis terlibat ketegangan dengan pemain Argentina di ujung pertandingan perempat final Olimpiade Paris di stadion Orange Velodrome, pada Sabtu (3/8/2024) dini hari WIB. Foto: Al Jazeera

Setelah gol tersebut, Prancis lebih tampil pasif setelah memimpin. Skuad asuhan Thierry Henry bermain bertahan sambil menunggu peluang untuk melancarkan serangan balik.

Argentina mendapatkan peluang emas pada menit ke-35. Dalam posisi bebas, Giuliano Simeone gagal mengarahkan bola sundulannya ke gawang Prancis.

Pasukan Javier Mascherano kesulitan untuk menebus pertahanan Prancis dan skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Argentina berupaya menyerang dengan lebih intensif pada babak kedua. Bahkan pemain-pemain Tim Tango mengurung Prancis di daerah pertahanan sendiri.

Prancis beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk melakukan serangan balik kerap gagal memaksimalkannya menjadi menciptakan peluang untuk mencetak gol kedua.

Argentina yang berupaya membongkar pertahanan lawan justru harus kebobolan lagi. Michael Olise mencetak gol pada menit ke-86, tetapi gol itu dianulir karena pemain Prancis Maghnes Akliouche melakukan pelanggaran sebelum gol terjadi.

Wasit harus mengecekan VAR sebelum memutuskan menganulir gol tersebut dan Akliouche mendapat kartu kuning.

Injury time 10 menit menghadirkan drama tersendiri bagi kedua kesebelasan yang terus berusaha mencetak gol.

Argentina berusaha sekuat tenaga mencetak gol penyeimbang. Hampir seluruh pemain berada di area permainan Prancis.

Namun, Prancis berhasil mempertahankan keunggulan mereka hingga pertandingan berakhir dam berhak tampil di babak semifinal menghadapi Mesir. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
31o
Kurs