Jumat, 20 September 2024

Andy Murray Pensiun dari Tenis Setelah Tersingkir dari Olimpiade Paris

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
​​​​​​​Andy Murray petenis Inggris mengucapkan perpisahan saat bermain ganda bersama Daniel Evans melawan pasangan AS Taylor Fritz dan Tommy Paul pada babak perempat final Olimpiade Paris 2024 di Lapangan Suzanne-Lenglen, Roland Garros, Paris, Kamis (1/8/2024). Foto: Antara/ AFP

Andy Murray menyatakan pensiun ketika kariernya yang gemilang berakhir secara emosional di Olimpiade Paris, Kamis (1/8/2024) waktu setempat, sekaligus menutup babak lain dalam generasi emas tenis.

Mantan petenis nomor satu dunia dan tiga kali juara Grand Slam itu pensiun pada usia 37 tahun, ketika ia dan Dan Evans kalah di perempat final ganda putra di Roland Garros.

Taylor Fritz dan Tommy Paul pasangan asal Amerika Serikat memberikan pukulan dengan kemenangan 6-2, 6-4 di Lapangan Suzanne Lenglen yang penuh sesak.

Murray yang merupakan petenis asal Inggris sebenarnya telah mengumumkan bahwa Olimpiade akan menjadi kompetisi terakhirnya.

“Saya bangga dengan karier saya, prestasi saya dan apa yang saya berikan dalam olahraga ini,” kata Murray seperti dilansir Antara, Jumat (2/8/2024).

“Jelas itu sangat emosional karena ini terakhir kalinya saya memainkan pertandingan kompetitif. Namun saya benar-benar bahagia saat ini. Saya senang dengan hasil akhirnya,” sambungnya.

“Saya senang bisa tampil di sini di Olimpiade dan menyelesaikannya sesuai persyaratan saya karena terkadang dalam beberapa tahun terakhir hal itu tidak pasti.”

Di sisi lain, Novak Djokovic saingan lamanya menggambarkan Murray sebagai “pesaing yang luar biasa”.

“Salah satu pejuang tenis terhebat yang pernah ada. Semangat juangnya jelas merupakan sesuatu yang saya yakin akan menginspirasi banyak generasi mendatang,” kata petenis Serbia itu. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs