Jumat, 18 Oktober 2024

Pengembang Aplikasi Diminta Membantu UMKM Naik Kelas dengan AI

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ratusan peserta Google I/O Extended Surabaya mendengarkan speech dari narasumber, Sabtu (27/7/2024). Foto: Akira suarasurabaya.net

Meidya Koeshardianto Head of IT Department PT MAP meminta pengembang aplikasi (developer) membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) hingga paham akan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk mendukung pengembangan usaha.

Hal itu disampaikan Meidya dalam sesi keempat dalam gelaran Google I/O Extended Surabaya pada Sabtu (27/7/2024).

Menurut Meidya, hingga kini belum banyak pelaku UMKM yang paham tentang pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan usaha mereka.

“Di sinilah fungsi developer. Mereka harus bisa menjadi jembatan bagi pelaku UMKM untuk membuat aplikasi yang berguna membantu melakukan analisis penjualan,” terang Meidya saat ditemui di sela-sela mengisi materi.

Contohnya, lanjut Meidya, seperti clustering. UMKM tentu tidak paham tentang hal ini.

“Kalau misal nanti diimplementasikan, sebisa mungkin menggunakan bahasa yang simpel dan mudah dipahami,” tambahnya.

Meidyajuga berpesan pada pelaku UMKM untuk tidak berhenti belajar soal teknologi yang juga berperan dalam pengembangan usaha mereka.

“Jika ada aplikasi, cukup dijalankan seperti yang sudah diajarkan. Nanti biarkan si mesin learning ini bekerja untuk membantu owner mengembangkan usaha di masa depan,” tutupnya.

Untuk diketahui, Google I/O Extended Surabaya diadakan di Suara Surabaya Centre pada Sabtu (27/7/2024), bekerja sama dengan Google Developer Groups, Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS), dan Suara Surabaya Media. (kir/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
31o
Kurs