Jumat, 25 Oktober 2024

Pembalap Dunia Meramaikan Tour de Banyuwangi Ijen 2024

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pembalap peserta International Tour de Banyuwangi Ijen tengah nanjak menuju Paltuding, Gunung Ijen. Foto: Humas Pemkab Banyuwangi

Sejumlah pembalap dari luar negeri akan meramaikan Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI) 2024. Balapan level 2.2 UCI itu digelar pada 22-25 Juli.

“Tentu akan sangat menarik menyaksikan persaingan para pembalap dunia bertarung, menaklukkan track menantang di Banyuwangi,” kata Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net.

Disebutkan bahwa TdBI 224 akan diikuti total 20 tim dari dalam dan luar negeri. Pembalap yang diboyong pun memiliki track record juara di event-event internasional lainnya.

Sebut saja Adne Van Engelen dari Roojai Insurance (Thailand). Ia adalah juara Tour of Thailand 2024 dan pemenang etape 2 Tour of Qinghai Lake 2024.

Sebelumnya, pembalap 31 tahun itu juga pernah meraih juara di Tour of Sharjah 2023, Tour of Serbie 2022, serta Tour of Egypt 2016.

“Van Engelen merupakan salah satu atlet yang diifavoritkan menjadi juara di ITdBI tahun ini. Dia dilatih oleh Peter Pouly, yang sudah berpengalaman di track TdBI,” kata M. Alfin Kurniawan Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi.

Van Engelen ada pula nama Ryan Cavanagh (Kinan Racing Team) pemenang Oceania Continental Championships 2024. Rider asal Australia ini juga pernah menjuarai Tour of Thailand 2019 dan Tour of Quanzhou Bay 2019.

Selanjutnya ada Thomas Lebas (Kinan Racing Team), Edgar Nieto Nohales (Victoria Sports Cycling Team), serta rider veteran asal Spanyol, yakni Benjamin Prades (VC Fukuoka).

“Selain juga ada pembalap Tim Nasional Indonesia yang turut meramaikan persaingan di kompetisi ini,” terang Alfin. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
25o
Kurs