Minggu, 6 Oktober 2024

PDAM Upayakan Perbaikan Pipa Bocor di Joyoboyo Tuntas Hari Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Genangan air imbas kebocoran pipa PDAM meluber ke Jalan Wonokromo, kondisi jalan padat merambat, Minggu (7/7/2024) sore. Foto: Wildan suarasurabaya.net

PDAM Surya Sembada Surabaya mengusahakan kebocoran pipa imbas pembangunan tunnel yang menghubungkan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) ke Kebun Binatang Surabaya (KBS), tuntas Senin (8/7/2024) hari ini.

Arief Wisnu Cahyono Direktur Utama PDAM Surya Sembada Surabaya menyebut bahwa pihaknya sedang mengupayakan penutupan aliran.

“Tapi karena itu pipa tua jadi beberapa titik koordinatnya tidak sesuai di aplikasi peta kita, sehingga dicari roadmapping-nya lagi agar kami bisa melakukan penutupan aliran,” beber Arief pada Senin (8/7/2024).

BACA JUGA: Pipa PDAM Bocor Imbas Pembangunan Proyek Terowongan Joyoboyo

Arief menjelaskan bahwa ada dua titik kebocoran pipa, yang akan diisolasi agar tidak mengganggu pengerjaan proyek.

“Ada dua lokasi. Dua titik pipa bocor. Yang penting kami mengisolasinya, supaya di tempat itu jalur pipanya tak lagi menganggu proyek. Tidak bertabrakan dengan tunnel itu. Belum tentu (pipanya) dipindah, bisa jadi pipanya akan kami tutup. Karena itu pipa lama,” paparnya.

Arief menambahkan bahwa PDAM masih observasi untuk memutuskan pipa akan diganti baru atau ditutup.

Sementara untuk daerah yang alirannya padam terdampak, ia memastikan sudah normal.

“Sebetulnya sudah selesai, sudah mulai mengalir ke masyarakat. Permasalahannya bukan di sana, permasalahannya kan kami menyesuaikan dengan lokasi proyeknya juga. Sehingga beberapa harus dilakukan penyesuaian di lapangan. Penyesuaian jalur pipa yang baru,” tandasnya.

BACA JUGA: Sejumlah Daerah Terdampak Kebocoran Pipa PDAM di Proyek Terowongan Joyoboyo

Nanang Widyatmoko Direktur Operasional PDAM Surya Sembada Surabaya menambahkan, derasnya aliran air karena masih ada kebocoran pipa. Ia memastikan pihaknya berupaya agar pengerjaan tersebut tuntas hari ini.

“Di sekitar area bocor ada dua pipa 450 mm, kemarin diletahui bocor satu titik, sudah kami selesaikan semalam, tapi saat pengaliran kembali di titik bocor masih deras airnya, kemungkinan pipa satunya juga bocor. Upaya penanganan terus kami lanjutkan, semoga hari ini bisa kami selesaikan,” tandasnya.

Sebelumnya Jalan Wonokromo Surabaya ke arah Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih tergenang air. Genangan itu disebabkan pecahnya pipa PDAM di proyek terowongan Joyoboyo, Sabtu (6/7/2024) siang. (lta/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
32o
Kurs