Minggu, 6 Oktober 2024

Peluang Kaesang Pangarep Dinilai Lebih Besar di Pilkada Jateng

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kaesang Pangarep Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ketika menghadiri acara perayaan Imlek di Jakarta pada 11 Februari 2024. Foto: Getty Images

M. Qodari pengamat politik menilai Kaesang Pangarep Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) memiliki potensi besar untuk menang Pilkada Jawa Tengah (Jateng).

“Kaesang itu akan lebih potensial di Jawa Tengah, karena Jawa Tengah itu habitat alaminya Pak Jokowi,” kata Qodari, Direktur Eksekutif Indo Barometer dilansir dari Antara pada Minggu (7/7/2024).

Hal ini diperkuat dengan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menunjukkan Kaesang berada di urutan teratas elektabilitas calon gubernur Jateng dengan 15,9 persen, meskipun belum resmi mencalonkan diri.

“Dia nomor satu itu dalam konteks bahwa Kaesang belum ngapa-ngapain, belum diwacanakan sama sekali untuk maju sebagai calon gubernur. Belum diwacanakan saja sudah bisa nomor satu, apalagi kalau diwacanakan,” ujarnya

Meskipun saat ini Kaesang juga diisukan akan maju dalam Pilkada Jakarta, menurutnya, Ketua Umum PSI itu lebih mengerucut kepada Pilkada Jateng.

Ia menilai, apabila Kaesang menjadi gubernur Jawa Tengah, maka posisi itu akan menjadi panggung untuk melihat kinerjanya dalam memimpin daerah.

“Tinggal Mas Kaesang-nya mau maju atau tidak. Kalau menurut saya, Mas Kaesang juga perlu membuktikan kinerja dia sebagai pejabat publik dengan cara menjalankan pemerintah di Jawa Tengah,” ucapnya.

Sebelumnya, Puan Maharani Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengatakan bahwa partainya ikut mempertimbangkan nama Kaesang pada Pilkada Jawa Tengah 2024.

“Iya dong, (Kaesang) jadi salah satu pertimbangan juga,” kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan pada Selasa (2/7/2024).

Menanggapi pernyataan Puan, Kaesang pada Jumat (5/7/2024) kemarin mengaku bersyukur namanya masuk ke dalam radar PDIP.

“Jadi ketika saya masuk ke salah satu bursa ya, saya hanya bisa ucapkan Alhamdulillah, gitu aja,” ujarnya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
26o
Kurs