Minggu, 6 Oktober 2024

Indonesia Pecahkan Rekor Emas Terbanyak Sepanjang Penyelenggaraan AUG, Lampaui Thailand

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kontingen Indonesia dalam ASEAN University Games (AUG) 2024 saat merayakan juara. Foto: AUG 2024

Indonesia mengukir sejarah baru dalam pentas olahraga ASEAN University Games (AUG) 2024 yang diselenggarakan di Surabaya-Malang pada 25 Juni – 6 Juli 2024.

Tampil sebagai juara umum, Indonesia mencatat perolehan medali emas terbanyak sepanjang penyelenggaraan AUG, dengan perolehan koleksi 126 emas, 99 perak dan 71 perunggu.

Capaian itu, melampaui perolehan emas terbanyak dalam AUG yang pernah ditorehkan oleh Thailand pada tahun 2022 dengan total 109 medali emas.

Del Asri ketua kontingen Indonesia dalam AUG 2024 bersyukur karena selain menggenapi target juara umum, atlet Indonesia juga mampu membuat sejarah dengan mencatatkan rekor baru.

“Alhamdullilah, saya berterima kasih atas kerja keras atlet, pelatih, dan semua pihak,” katanya, Sabtu (6/7/2024) malam.

Sementara itu, Maria Veronica Irene Herdjiono Pusat Prestasi Nasional Kemdikbudristek mengatakan, capaian Indonesia itu sangat mencapai target. Bahkan, selama gelaran olahraga se-Asia Tenggara itu dimulai, skuad merah putih selalu memimpin klasemen.

“Sejak dari pembukaan, para atlet sudah berjuang luar biasa, begitu juga dengan para pendamping, pelatih dan tuan rumah, mereka sudah memberi yang terbaik untuk Indonesia,” katanya.

Suharti Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek berharap, kontingen mahasiswa Indonesia dapat terus termotivasi untuk berpretasi bagi Merah Putih.

“Semoga semuanya tetap semangat dan menjaga sportivitas dan menjadi atlet andalan Indonesia,” kata Suharti.

Dalam kesempatan itu, ia juga memastikan bahwa Kemendikbudristek sudah merancang apresiasi khusus untuk kontingen Indonesia. Tetapi, ia masih belum mau membeberkan secara detail ke publik.

“Tentu pemerintah dalam hal ini Kemendikbudristek, akan memberikan apresiasi kepada para atlet peraih medali. Dan tentu, tidak akan kami sampaikan sekarang, akan kami sampaikan berikutnya,” tuturnya.

Seperti diketahui, dalam AUG, Indonesia juga tercatat sebagai negara yang paling sering menjadi juara umum, yakni sudah 10 kali. Capaian itu, berada di atas Thailand yang telah juara umum AUG 8 kali.

Tahun ini, Indonesia berhasil menjadi juara umum di 14 dari 21 cabang olahraga atau sub cabang olahraga yang dipertandingkan di Surabaya-Malang, yaitu, archery, athletics, basketball 3×3, bridge, chess, futsal, judo, karate, pencak silat, sport climbing, swimming, taekwondo, tennis, dan wushu. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
27o
Kurs