Minggu, 6 Oktober 2024

Trump Sebut Masalah Biden Bukan Umur, Tapi Kompetensi

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joe Biden Presiden AS (kanan) dan Donald Trump kandidat dari Partai Republik berpartisipasi dalam debat pertama mereka pada pemilihan presiden 2024. Foto: Getty Images

Donald Trump mantan presiden AS menilai dirinya meraih kemenangan besar atas Joe Biden selama debat pertama pemilu presiden AS yang diselenggarakan Kamis (27/6/2024) malam waktu setempat.

“Seperti yang Anda lihat di televisi tadi malam, kita meraih kemenangan besar melawan seorang pria yang mencoba menghancurkan negara kita,” kata Trump dilansir Antara pada Sabtu (29/6/2024)/

Pernyataan itu disampaikan Trump setelah Biden mengakui faktor usia dan penampilannya yang buruk dalam debat tersebut, tetapi berjanji untuk memenangkan pemilihan pada November mendatang.

“Bukan soal usianya, tetapi kompetensinya. Ia tidak dihormati di mana pun di dunia,” kata Trump.

Jawaban Biden yang tidak jelas dan tampak kehilangan alur pikirannya dalam debat tersebut, meningkatkan kekhawatiran pemilih bahwa ia mungkin tidak layak untuk menjalani masa jabatan empat tahun lagi sebagai presiden AS.

Setelah debat, Biden mengatakan sulitnya berdebat dengan “seorang pembohong”, yang mengacu pada Trump. Biden menyebut Trump telah berbohong sebanyak 26 kali.

Gedung Putih mengonfirmasi bahwa Biden mengalami flu dan sakit tenggorokan selama debat.

“Ia menderita flu dan sakit tenggorokan. Sekali lagi, hasil tes COVID-nya negatif, dan kemudian kami maju (dalam sesi debat),” kata Karine Jean-Pierre juru bicara Gedung Putih kepada wartawan.

Michael Tyler Direktur Komunikasi Kampanye Biden mengatakan, strateginya sama sekali tidak berubah setelah debat pertama selesai.

“Joe Biden akan hadir pada 10 September. Kita lihat saja apa yang akan dilakukan Donald Trump,” kata Tyler. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
29o
Kurs