Sabtu, 5 Oktober 2024

Fakultas Kedokteran Unair Tidak Setuju Rencana Kemenkes Datangkan Dokter Asing

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi - Penanganan masalah kesehatan oleh dokter. Foto: Pixabay Ilustrasi - Dokter sedang memeriksa pasien. Foto: Pixabay

Fakuktas Kedokteran Universitas Airlangga tidak setuju rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendatangkan dokter asing.

Prof. Budi Santoso Dekan FK Unair menilai, dokter-dokter di Indonesia mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

“Secara pribadi dan institusi kami dari Fakultas Kedokteran tidak setuju. Saya pikir semua dokter Indonesia tidak rela dokter asing kerja di sini dan kita mampu memenuhinya dan mampu jadi dokter tuan rumah,” kata Prof Bus, Kamis (27/6/2024).

Termasuk Fakultas Kedokteran di Indonesia juga sangat mampu mencetak lulusan dokter dengan standar kemampuan yang dibutuhkan.

“Agak aneh karena instruksi Dirjen minta RS vertikal kita tahu itu ada di kota besar Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Bandung, Semarang, masa kekurangan dokter spesialis kami gak setuju,” ucapnya lagi.

Melansir Antara, 21 Mei lalu, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengungkapkan rencananya menaturalisasi dokter atau tenaga kesehatan (nakes) asing untuk memenuhi kebutuhan dan membuat Indonesia naik kelas, seperti yang terjadi di sepak bola Timnas Indonesia. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Sabtu, 5 Oktober 2024
33o
Kurs