Minggu, 6 Oktober 2024

Gunung Merapi Kembali Luncurkan Awan Panas Guguran pada Selasa Malam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Gunung Merapi meluncurkan guguran awan panas pada, Selasa (18/6/2024) malam. Foto: Twitter BPPTKG

Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Selasa (18/6/2024) malam, kembali memuntahkan awan panas guguran.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dalam platform X-nya menyebut guguran awan panas terjadi pada pukul 20:55 WIB.

“Guguran di Gunung #Merapi tanggal 18 Juni 2024 pada pukul 20:55 WIB dengan Amplitudo max 37 mm, durasi 149.52 detik, estimasi jarak luncur 1500 meter ke Kali Bebeng/Krasak, arah angin ke Barat Daya,” cuit BPPTKG, Selasa.


Akibat guguran awan panas itu, masyarakat diimbau untuk menjauhi daerah yang direkomendasikan.

BPPTKG merekomendasikan potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal lima kilometer, kemudian Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal tujuh kilometer

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km. Sedangkan lontaran material bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau hingga radius 3 km dari puncak.

BPPTKG juga mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya dan mewaspadai bahaya lahar dan Awan Panas Guguran (APG) terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 6 Oktober 2024
33o
Kurs