Jumat, 25 Oktober 2024

49 Pekerja Asing Meninggal dalam Kebakaran di Kuwait, Kemlu Pastikan Tak Ada WNI Jadi Korban

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pasukan keamanan Kuwait berkumpul di sebuah gedung yang dilalap api di Kuwait City pada 12 Juni 2024. Foto: AFP

Sedikitnya 49 orang meninggal dunia dalam kebakaran sebuah gedung yang menampung pekerja asing di Kuwait pada Rabu (12/6/2024) kemarin.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan tak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang jadi korban dalam kebakaran tersebut.

Gedung apartemen yang terbakar tersebut terletak di Distrik Mangaf, Kegubernuran Ahmadi, selatan dari ibu kota Kuwait City. Mayoritas penghuninya merupakan pekerja asing.

“Pihak KBRI Kuwait telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk rumah sakit, dan sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban jiwa,” demikian pernyataan tertulis Direktorat Perlindungan WNI dan BHI Kemlu RI yang dilansir dari Antara pada Rabu malam.

Menurut informasi yang diterima Kemlu RI, pihak Kuwait menyampaikan puluhan orang meninggal dunia akibat kebakaran tersebut. Sebagian besar korban meninggal karena luka bakar dan gangguan pernapasan akibat asap.

Otoritas Kuwait menyebut, kebakaran diindikasikan berasal dari dapur lantai dasar dan merebak hingga ke seluruh gedung.

Untuk memastikan penyebab pasti kebakaran, penyelidikan oleh otoritas setempat masih berlangsung hingga saat ini, demikian menurut Direktorat Kemlu RI.

Direktorat PWNI dan BHI Kemlu RI juga memastikan bahwa KBRI Kuwait akan terus memantau perkembangan insiden kebakaran tersebut serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
33o
Kurs