Jumat, 20 September 2024

Kemenag Bekali Jemaah Haji Indonesia dengan ID Card Sebagai Ciri Khas

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jemaah haji Indonesia mengenakan kalung identitas (ID Card) dan gelang terbuat logam sebagai identitas. Foto: Kemenag Jemaah haji Indonesia mengenakan kalung identitas (ID Card) dan gelang terbuat logam sebagai identitas. Foto: Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) membekali setiap jemaah haji Indonesia selama beribadah di Tanah Suci dengan kalung identitas (ID Card) dan gelang terbuat logam sebagai identitas.

“Gelang identitas menjadi ciri khas jemaah haji Indonesia, dan tahun ini jemaah diberikan tambahan kartu identitas yang dikalungkan,” ujar Thabrani Petugas Bagian Sistem Informasi Haji Terpadu (SISKOHAT) Panitia Penyelenggara Ibadah Haji bidang kesehatan (PPIH) Sektor 1 Madinah melalui keterangan resminya, Senin (13/5/2024).

Thabrani menjelaskan, kartu identitas jemaah berisikan informasi lengkap jemaah, mulai dari tanggal keberangkatan, kloter, nama ketua kloter dan nomer telpon, nama hotel tempat menginap selama di Makkah dan Madinah hingga tanggal kepulagan.

“Untuk mengetahui semua data jemaah tersebut, cukup dengan memindai (scan) QR barcode kartu identitas, maka akan keluar semua data jemaah dimaksud,” terang Thabrani.

“Sementara gelang identitas berisi nama, nomor paspor, negara asal dan beberapa keterangan jemaah lainnya,” sambungnya.

Ia menegaskan, agar para jemaah tidak melepaskan gelang dan kartu identitasnya. “Petugas ataupun jemaah lain yang bertemu dengan jemaah haji tersesat dapat membantu mencarikan alamat hotel jemaah tersebut melalui data yang ada di identitas gelang dan kartu yang dimiliki jemaah,” pungkasnya. (azw/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
24o
Kurs