Jumat, 18 Oktober 2024

Sebagian Besar Wilayah Jawa Timur Diprakirakan Hujan Deras di Awal Tahun 2024

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Ilustrasi, hujan. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim), pada awal tahun baru, Senin (1/1/2024), berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga deras disertai petir.

Menurut keterangan yang diterima suarasurabaya.net, mayoritas di wilayah Jatim pada pagi hari diprakirakan cerah dan berawan secara keseluruhan.

Sementara pada siang hari, di wilayah Surabaya, Batu, Bondowoso, Jember, Kabupaten Blitar, Kabupaten Madiun, Kabupaten Malang, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Probolinggo, Lamongan, Ngawi, dan Trenggalek berpotensi turun hujan dengan intensitas deras disertai petir.

Pada malam hari, dua wilayah seperti Kabupaten Madiun dan Kabupaten Mojokerto kembali diprakirakan turun hujan dengan intensitas lebat hingga petir. Sedangkan wilayah Jatim lainnya berpotensi turun hujan namun dengan intensitas ringan

Suhu udara di Jatim hari ini ada di kisaran 14 sampai 35 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 55 hingga 95 persen. Sedangkan angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan 05-30 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan sebagian besar wilayah perairan Jatim secara umum kondisinya berpotensi hujan ringan diperairan Barat dan Timur Masalembo.

Arah angin dominan berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 11 knot (20 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 13 knots (23 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-0.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.3 meter. (feb/ham)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 18 Oktober 2024
36o
Kurs