Minggu, 22 September 2024

Kominfo Membagi Aplikasi Siaga 112 ke Radio se-Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Anggota Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya menunjukkan aplikasi Siaga112. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya memberikan aplikasi Siaga112 kepada media Radio di Surabaya, Jumat (25/1/2019).

Agus Imam Sonhaji Kepala Diskominfo Kota Surabaya mengatakan, aplikasi ini bertujuan sebagai alat distribusi informasi resmi dari Pemkot Surabaya ke media Radio untuk kemudian disiarkan ke masyarakat.

“Agar masyarakat mendapatkan berita resmi terkait potensi bencana maupun setelah terjadi bencana,” ujarnya di kantornya Jalan Jimerto, Surabaya.

Agus mengatakan, aplikasi ini berisi informasi perkembangan Surabaya baik terkait kebencanaan maupun langkah antisipasinya yang berasal dari Command Center 112.

“Agar Command Center 112 sebagai wakil resmi Pemkot Surabaya dengan mudah menginformasikan kondisi terkini Surabaya beserta langkah antisipasinya,” katanya.

Dalam pertemuan itu, seluruh perwakilan media Radio di Surabaya dibekali username beserta kata sandi khusus agar bisa mengakses aplikasi tersebut. Sehingga, ketika ada kejadian kebencanaan, media radio mengetahui lebih dulu dan segera menginformasikan ke masyarakat.

“Misalnya kalau ada peringatan dari BMKG akan ada potensi puting beliung, maka akan berbunyi notifikasi diaplikasi tersebut berikut peringatan dini dan langkah-langkah yang harus diambil,” katanya.

Agus mengatakan, selain ke media Radio, aplikasi yang masih pada tahap penyempurnaan ini nantinya juga menjangkau media televisi.

Bahkan, ke depan aplikasi ini akan ditingkatkan dengan dilengkapi fitur untuk memverifikasi berita hoaks.

“Ini bisa menjadi channel validasi berita,” katanya. (bid/wil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 22 September 2024
29o
Kurs