Minggu, 29 September 2024

Beberapa Hari Panas dan Terik Melanda Jawa, Ini Penyebabnya

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Desain Grafis: suarasurabaya.net

Cuaca panas dan terik beberapa hari ini melanda Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Termasuk pada Senin (18/9/2017) hari ini.

Mengutip dari laman bmkg.go.id, Hary Tirto Djatmiko Kepala Bagian Humas BMKG menyatakan, fenomena cuaca panas dan terik merupakan fenomena cuaca alamiah yang biasa terjadi. Kejadian cuaca panas dan terik lebih sering terjadi pada pada bulan-bulan puncak musim kemarau.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca panas dan terik tersebut, meliputi :

– Gerak semu matahari yang saat ini berada di sekitar khatulistiwa (sekitar tanggal 22-23 September berada tepat di atas khatulistiwa, sehingga radiasi matahari yang masuk cukup optimum. Hal ini ditandai dengan hasil monitoring suhu udara maksimum berkisar antara 34.0 – 37.5 derajat Celcius (masih dalam kisaran normal suhu maksimum yang pernah terjadi berdasarkan data klimatologis 30 tahun antara 34.0 – 37.5 derajat Celcius).

– Aliran massa udara dingin dan kering yang bergerak dari Australia menuju wilayah Indonesia sebelah selatan khatulistiwa terutama di sekitar Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara. Kondisi ini ditandai dengan adanya kelembaban udara yang

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Minggu, 29 September 2024
28o
Kurs