Kamis, 24 Oktober 2024

Dinas Lingkungan Hidup Segera Uji Lab Sample Limbah di Romokalisari

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Petugas PMK sedang menyemprot jembatan Romokalisari yang ada ceceran limbah B3. Foto: Arianto via e100

Musdiq Ali Suhudi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya mengatakan, dinasnya akan segera melakukan uji sample limbah yang telah diambil dari lokasi di Romokalisari, tadi malam, Kamis (13/7/2017).

Tadi malam, sekitar 10 orang warga Rusun Romokalisari pingsan karena ceceran limbah B3 di jembatan Romokalisari. Sebuah truk kontainer dengan sengaja hendak membuang limbah B3 itu ke sungai.

Musdiq memperkirakan, ada kandungan zat amoniak di dalam limbah itu. Namun, untuk memastikan hal ini memerlukan hasil laboratorium dari sampel yang telah diambil.

“Kami harus menunggu hasil laboratorium. Tadiinya mau kami bawa ke lab DLH Jatim tapi kayaknya belum menerima sampel dari luar. Mungkin ke swasta, tidak masalah,” ujarnya.

Musdiq yang turun ke lapangan tadi malam menceritakan, limbah itu langsung dibuang ke sungai melalui kran di kontainer itu. “Untung saja belum semua yang dibuang,” kata Musdiq.

Akibat terpapar bau limbah ini, sebanyak 10 orang warga dilarikan ke rumah sakit terdekat. Ada dua orang warga yang harus dirujuk ke RSUD Dr Soewandhie.

“Tapi tadi pagi sudah dibolehkan pulang. Sisanya, ada dinas kesehatan yang langsung menangani warga yang terpapar di lokasi,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, limbah B3 itu tadinya akan dibuang oleh perusahaan X ke Sidoarjo. Tapi karena ketahuan warga setempat lalu limbah dibuang sebagian ke Benowo.

Karena baunya yang menyengat, warga sekitar sampai mengungsi di masjid Osowilangun.

PMK di lokasi sudah membersihkan ceceran limbah dengan air. Sementara Sopir truk kontainer itu diamankan oleh pihak kepolisian.(den/dwi)

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 24 Oktober 2024
26o
Kurs