Jumat, 20 September 2024

Satpol PP Tingkatkan Keamanan di JPO Surabaya

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tim Odong-odong Satpol PP Kota Surabaya. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Irvan Widianto Kepala Satpol PP Kota Surabaya mengatakan, tengah meningkatkan pengawasan di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Surabaya. Hal itu menyusul peristiwa kriminal yang marak terjadi di jembatan penyeberangan di Jakarta.

Menurut Irvan, dalam operasi pengamanan di JPO, Satpol PP menggunakan dua cara yaitu cara konvensional dan memanfaatkan tekonologi CCTV.

Cara konvensional, dia lakukan dengan melakukan patroli rutin di hari-hari tertentu setiap Minggunya. Personil di bagi menyebar untuk mengunjungi jembatan yang ada sekaligus memastikan tidak ada Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan memastikan tidak ada orang berjualan di jembatan.

“Kita melarang keras orang berjualan dan mengemis di jembatan layang,” katanya kepada suarasurabaya.net, Kamis (26/11/2015).

Cara kedua, adalah dengan memanfaatkan teknologi yaitu CCTV. Dengan dipasanganya CCTV di 10 JPO di Surabaya/ Satpol PP dan pihak kepolisian juga bisa memantau. JPO yang terpasang CCTV saat ini adalah mulai Jl Ahmad Yani sampai Jl Pahlawan.

“Dengan dua cara itulah kita lakukan pemantauan di JPO sampai sekarang alhmdulilah aman-aman saja. Sementara ini 10 JPO yang ada CCTV-nya. Sekarang masih dalam pengembangan di JPO yang lain,” katanya.

Sementara, Muhammad Fikser Kabag Humas Pemkot Surabaya mengatakan, selain CCTV, Pemkot juga memastikan jembatan penyeberangan selalu dalam keadaan bersih dan dipasangi kanopi.

“Itu adalah upaya memberikan rasa nyaman dan aman bagi pejalan kaki yang menggunakan fasilitas umum,” katanya.(bid/dop)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
31o
Kurs