Kamis, 17 Oktober 2024

BPBD Mulai Susun Rencana Kedaruratan Letusan Bromo

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Gunung Bromo. Foto: malangguidance.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mulai buat rencana kontigensi terkait perkembangan kondisi Gunung Bromo.

“Kami sudah berkoordinasi bersama BPBD Probolinggo, rencana kontigensi juga mulai kami susun,” kata Sudharmawan, Kepala BPBD Jawa Timur, Jumat (13/11/2015).

Informasi harian juga terus dilakukan dengan menerjunkan pusat pengendalian operasional (Pusdalops) BPBD di kawasan Bromo.

Informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM juga terus diubdate sehingga perkembangan kegunung apian juga bisa segera diantisipasi.

Selain itu, BPBD juga telah minta Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk waspada dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

“Sebenarnya antisipasi sudah kami susun sejak peningkatan dari normal level 1 ke waspada level 2 sejak 23 Oktober yang lalu,” kata dia.

Sekadar diketahui, aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini memang mengalami peningkatan dengan gempa tremor pada pukul 00.00 hingga 06.00 WIB hari ini terpantau 0,5-7 milimeter dengan dominan tremor terpantau 4 milimeter.

Terkait penginatakan status ini, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga telah menutup sementara akses menuju ke kawah Gunung Bromo mulai hari minggu yang lalu. (fik/tok)

..
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Kamis, 17 Oktober 2024
33o
Kurs