Minggu, 27 Oktober 2024
Warga Ngagel Baru I

Hidup Was-was di Bawah Proyek Mangkrak

Laporan oleh Eddy Prastyo
Bagikan

Dua tahun mangkraknya proyek E-Square membuat warga perkampungan Ngagel baru yang berada persis di belakang proyek tersebut resah. Apalagi sejak jatuhnya papan reklame yang menempel di crane proyek tersebut ke atap rumah di Jl. Ngagel Baru I/84 milik JOKO WIRYANTONO, Sabtu (10/03) pagi.

DIDIK SETYO WAHONO Ketua RW 5 pada suarasurabaya.net mengatakan selama dua tahun mangkraknya proyek tersebut, warga selalu was-was karena di belakang rumah mereka berdiri bangunan tinggi yang belum jadi. Sebuah crane pun masih berdiri di sana selama dua tahun tanpa pernah dioperasikan.

“Terus terang saja, kita takut kalau suatu waktu nanti crane itu roboh dan menimpa rumah kami. Untungnya dalam kecelakaan ini, tidak ada korban. Rumah Pak JOKO di lantai 2 mengalami kerusakan karena tertimpa reklame dari seng ukuran 2 x 3 meter,” kata DIDIK.

Hal lain yang dikhawatirkan wargaselain crane adalah kayu-kayu yang masih menempel di bagian dinding proyek tersebut. Sewaktu-waktu, kata DIDIK, kayu itu bisa lepas dan menimpa rumah warga yang ada di bawahnya. Berkali-kali, tambah dia, warga berupaya mengkomunikasikan hal ini pada pemilik proyek namun gagal.

Sementara itu ANDI MEIFIAN pengawas kontraktor dari PT Wijaya Karya yang mengerjakan proyek E-Square menyatakan pihaknya akan bertanggungjawab dan mengganti kerusakan rumah warga yang tertimpa papan reklame tersebut.

Tentang keluhan dan keresahan warga, kata ANDI, pihaknya akan melaporkannya secara resmi kepada PT United Engineer ASSA selaku pemilik proyek. “Kita akan membenahi proyek ini agar setidaknya tidak membahayakan warga sekitar,” jelasnya.

Proyek pusat perbelanjaan E-Square seharusnya sudah beroperasi pada Februari 2005 lalu. Namun karena ada masalah finansial, proyek tersebut mangkrak dan hingga kini masih belum ada kejelasan tentang tindak lanjut proyeknya.

Teks Foto :
1. Warga Jl. Ngagel Baru I yang hidup di bawah proyek E-Square yang mangkrak. Tidak berharap kejatuhan material….
2. Reklame yang jatuh di atap warga itu
Foto : EDDY suarasurabaya.net

Bagikan
Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Minggu, 27 Oktober 2024
Kurs