Jumat, 20 September 2024

Sidoarjo Punya Aplikasi Pantau Jalan Rusak

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Foto : Capture aplikasi M-Bonk

Pemerintahan Kabupaten Sidoarjo kini punya aplikasi pengaduan jalan rusak yang dilengkapi dengan Geo Tagging. Setiap warga bisa melaporkan di mana saja ada jalan rusak di wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Nama aplikasi ini adalah M-Bonk sebuah aplikasi berplatform Android yang dapat diakses dengan smartphone berbasis windows, iOS maupun Android.

Sistemnya, pengguna aplikasi dapat mendownload secara gratis di Play Store, kemudian mulai mengadukan jalan rusak dengan mengeklik fitur layanan perbaikan jalan dan mulai mendaftar.

Jalan yang rusak bisa dipotret dan langsung diupload ke aplikasi ini dengan syarat fitur GPS di smartphone dalam kondisi menyala. Sebab nantinya, foto jalan rusak itu akan menempel di peta jalan yang ada di aplikasi itu melalui fitur geo tagging.

Sigit Setyawan Kepala Dinas PU Bina Marga mengatakan, Aplikasi ini akan menampung semua keluhan masyarakat mengenai jalan rusak yang ada di Sidoarjo.

“Dengan adanya aplikasi ini akan ada kesempatan bagi Pemkab Sidoadjo untuk mendekatkan diri ke masyarakat dengan komitmen memperbaiki pelayanan,” ujarnya kepada wartawan di Pendapa Delta Wibawa Pemkab Sidoarjo, Selasa (23/2/2016).

Mengenai kesiapan menerima aduan yang diperkirakan akan berjumlah sangat banyak, Sigit mengatakan tidak akan menunggu sampai Dinas PU Pengairan siap.

“Kalau menunggu kesiapan, progran ini tidak akan segera dimulai,” katanya.

Soal tindak lanjut aduan masyarakat, Sigit mengatakan akan menyesuaikan dengan progres perbaikan jalan yang sudah terencana.

“Progres akan kami sampaikan juga dalam aplikasi ini, apakah masih lelang dan atau sudah dalam pengerjaan,” ujarnya.

Namun, Sigit berjanji, akan menimbang aduan jalan rusak yang berpotensi mengakibatkan bahaya kecelakaan untuk segera menanganinya dengan swakelola.

“Akan kami tangani sementara dengan swakelola. Mungkin ditambal sementara, supaya tidak lagi membahayakan,” katanya. (den/rst)

..
Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Kecelakaan Mobil Box di KM 12 Tol Waru-Gunungsari

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Surabaya
Jumat, 20 September 2024
28o
Kurs