Jumat, 26 April 2024

Sejumlah Rumah Warga di Pandeglang Rusak Akibat Gempa Banten

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi - Warga melihat kondisi rumah yang rusak akibat gempa di Kadu Agung Timur, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). Foto: Antara

Gempa bumi Magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (14/1/2022), pada pukul 16.05 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, pusat gempa bumi itu berada di 7.01 LS dan 105.26 BT pada kedalaman 40 meter.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, gempa bumi itu dirasakan kuat selama 4-5 detik di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten.

“Warga sempat berhamburan keluar rumah saat merasakan kuatnya guncangan,” ujar Abdul Muhari Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Jumat (14/1/2022), di Jakarta.

Kondisi kerusakan sejumlah rumah warga di Pandeglang pasca gempa bumi M 6,6 di Banten, Jumat (14/1/2022). Foto: BPBD Kabupaten Pandeglang

Data sementara yang dihimpun Tim BPBD Kabupaten Pandeglang, beberapa rumah warga di Kecamatan Sumur dan Kecamatan Munjul Kabupaten Pandeglang, mengalami kerusakan di bagian atap dan teras rumah.

Guncangan gempa bumi juga dirasakan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Warga di perumahan dan pegawai kantor sempat berhamburan keluar bangunan.

BPBD Kabupaten Cianjur juga melaporkan guncangan gempa bumi sempat dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya.

BPBD Kabupaten Lampung Barat pun melaporkan hal yang sama, guncangan gempa bumi dirasakan sekitar 2-3 detik di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

Sampai sekarang, BPBD Kabupaten Pandeglang, BPBD Provinsi DKI Jakarta, BPBD Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Lampung Barat tengah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Sedangkan kerugian materiel masih dalam proses pendataan.(rid/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs